SYARAT HAJI
1. Islam
2. Akil Balig
3. Dewasa
4. Berakal
5. Waras
6. Orang merdeka (bukan budak)
7. Mampu, baik dalam hal biaya, kesehatan, keamanan, dan nafkah bagi keluarga yang ditinggal berhaji
RUKUN HAJI
Rukun haji adalah perbuatan-perbuatan yang wajib dilakukan dalam berhaji. Rukun haji tsb adalah:
1. Ihram
2. Wukuf di Arafah
3. Tawaf ifâdah
4. Sa'i
5. Mencukur rambut di kepala atau memotongnya sebagian
6. Tertib
Rukun haji tsb harus dilakukan secara berurutan dan menyeluruh. Jika salah satu ditinggalkan, maka hajinya tidak sah.
WAJIB HAJI :
1. Memulai ihram dari mîqât (batas waktu dan tempat yang ditentukan untuk melakukan ibadah haji dan umrah)
2. Melontar jumrah
3. Mabît (menginap) di Mudzdalifah, Mekah
4. Mabît di Mina
5. Tawaf wada' (tawaf perpisahan)
Jika salah satu dari wajib haji ini ditinggalkan, maka hajinya tetap sah, namun harus membayar dam (denda).
Pelaksanaan Ibadah Haji (Manasik Haji)
TATA CARA MANASIK HAJI
1. Melakukan ihram dari mîqât yang telah ditentukan
Ihram
dapat dimulai sejak awal bulan Syawal dengan melakukan mandi sunah,
berwudhu, memakai pakaian ihram, dan berniat haji dengan mengucapkan
Labbaik Allâhumma hajjan, yang artinya "aku datang memenuhi panggilanmu
ya Allah, untuk berhaji".
Kemudian berangkat menuju arafah dengan membaca talbiah untuk menyatakan niat:
Labbaik Allâhumma labbaik, labbaik lâ syarîka laka labbaik, inna al-hamda, wa ni'mata laka wa al-mulk, lâ syarîka laka
Artinya:
Aku
datang ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu; Aku datang, tiada
sekutu bagi-Mu, aku datang; Sesungguhnya segala pujian, segala
kenikmatan, dan seluruh kerajaan, adalah milik Engkau; tiada sekutu
bagi-Mu.
2. Wukuf di Arafah
Dilaksanakan
pada tanggal 9 Zulhijah, waktunya dimulai setelah matahari tergelincir
sampai terbit fajar pada hari nahar (hari menyembelih kurban) tanggal 10
Zulhijah.
Saat
wukuf, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu: shalat jamak
taqdim dan qashar zuhur-ashar, berdoa, berzikir bersama, membaca
Al-Qur'an, shalat jamak taqdim dan qashar maghrib-isya.
3. Mabît di Muzdalifah, Mekah
Waktunya
sesaat setelah tengah malam sampai sebelum terbit fajar. Disini
mengambil batu kerikil sejumlah 49 butir atau 70 butir untuk melempar
jumrah di Mina, dan melakukan shalat subuh di awal waktu, dilanjutkan
dengan berangkat menuju Mina. Kemudian berhenti sebentar di masy'ar
al-harâm (monumen suci) atau Muzdalifah untuk berzikir kepada Allah SWT
(QS 2: 198), dan mengerjakan shalat subuh ketika fajar telah
menyingsing.
4. Melontar jumrah 'aqabah
Dilakukan di bukit 'Aqabah, pada tanggal 10 Zulhijah, dengan 7 butir kerikil, kemudian menyembelih hewan kurban.
5. Tahalul
Tahalul adalah berlepas diri dari ihram haji setelah selesai mengerjakan amalan-amalan haji.
Tahalul
awal, dilaksanakan setelah selesai melontar jumrah 'aqobah, dengan cara
mencukur/memotong rambut sekurang-kurangnya 3 helai.
Setelah tahalul, boleh memakai pakaian biasa dan melakukan semua perbuatan yang dilarang selama ihram, kecuali berhubungan seks.
Bagi
yang ingin melaksanakan tawaf ifâdah pada hari itu dapat langsung pergi
ke Mekah untuk tawaf. Dengan membaca talbiah masuk ke Masjidil Haram
melalui Bâbussalâm (pintu salam) dan melakukan tawaf. Selesai tawaf
disunahkan mencium Hajar Aswad (batu hitam), lalu shalat sunah 2 rakaat
di dekat makam Ibrahim, berdoa di Multazam, dan shalat sunah 2 rakaat di
Hijr Ismail (semuanya ada di kompleks Masjidil Haram).
Kemudian
melakukan sa'i antara bukit Shafa dan Marwa, dimulai dari Bukit Shafa
dan berakhir di Bukit Marwa. Lalu dilanjutkan dengan tahalul kedua,
yaitu mencukur/memotong rambut sekurang-kurangnya 3 helai.
Dengan demikian, seluruh perbuatan yang dilarang selama ihram telah dihapuskan, sehingga semuanya kembali halal untuk dilakukan.
Selanjutnya kembali ke Mina sebelum matahari terbenam untuk mabît di sana.
6. Mabît di Mina
Dilaksanakan
pada hari tasyrik (hari yang diharamkan untuk berpuasa), yaitu pada
tanggal 11, 12, dan 13 Zulhijah. Setiap siang pada hari-hari tasyrik itu
melontar jumrah ûlâ, wustâ, dan 'aqabah, masing-masing 7 kali.
Bagi
yang menghendaki nafar awwal (meninggalkan Mina tanggal 12 Zulhijah
setelah jumrah sore hari), melontar jumrah dilakukan pada tanggal 11 dan
12 Zulhijah saja. Tetapi bagi yang menghendaki nafar sânî atau nafar
akhir (meninggalkan Mina pada tanggal 13 Zulhijah setelah jumrah sore
hari), melontar jumrah dilakukan selama tiga hari (11, 12, dan 13
Zulhijah).
Dengan selesainya melontar jumrah maka selesailah seluruh rangkaian kegiatan ibadah haji dan kembali ke Mekah.
7. Tawaf ifâdah
Bagi
yang belum melaksanakan tawaf ifâdah ketika berada di Mekah, maka harus
melakukan tawaf ifâdah dan sa'i. Lalu melakukan tawaf wada' sebelum
meninggalkan Mekah untuk kembali pulang ke daerah asal.
Umrah
Umrah
artinya berkunjung atau berziarah. Setiap orang yang melakukan ibadah
haji wajib melakukan umrah, yaitu perbuatan ibadah yang merupakan
kesatuan dari ibadah haji. Pelaksanaan umrah ini didasarkan pada firman
Allah SWT dalam surat Al-Baqarah: 196 yang artinya "Dan sempurnakanlah
ibadah haji dan umrah karena Allah..."
Mengenai
hukum umrah, ada beberapa perbedaan pendapat. Menurut Imam Syafi'i
hukumnya wajib. Menurut Mazhab Maliki dan Mazhab Hanafi hukumnya sunah
mu'akkad (sunah yang dipentingkan).
Umrah
diwajibkan bagi setiap muslim hanya 1 kali saja, tetapi banyak
melakukan umrah juga disukai, terlebih jika dilakukan di bulan Ramadhan.
Hal ini didasarkan pada hadist Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam
Muslim yang artinya "Umrah di dalam bulan Ramadhan itu sama dengan
melakukan haji sekali".
Pelaksanaan umrah
Tata
cara pelaksanaan ibadah umrah adalah: mandi, berwudhu, memakai pakaian
ihram di mîqât, shalat sunah ihram 2 rakaat, niat umrah dan membaca
Labbaik Allâhumma 'umrat(an) (Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah,
untuk umrah), membaca talbiah serta doa, memasuki Masjidil Haram,
tawaf, sa'i, dan tahalul.
Syarat, Rukun, dan Wajib Umrah
Syarat untuk melakukan umrah adalah sama dengan syarat dalam melakukan ibadah haji. Adapun rukun umrah adalah:
1. Ihram
2. Tawaf
3. Sa'i
4. Mencukur rambut kepala atau memotongnya
5. Tertib, dilaksanakan secara berurutan
Sementara itu wajib umrah hanya satu, yaitu ihram dari mîqât.
Larangan dalam Haji dan Umrah
Hal-hal
yang tidak boleh dilakukan oleh orang yang sudah memakai pakaian ihram
dan sudah berniat melakukan ibadah haji/umrah adalah:
1. Melakukan hubungan seksual atau apa pun yang dapat mengarah pada perbuatan hubungan seksual
2. Melakukan perbuatan tercela dan maksiat
3. Bertengkar dengan orang lain
4. Memakai pakaian yang berjahit (bagi laki-laki)
5. Memakai wangi-wangian
6. Memakai khuff (kaus kaki atau sepatu yang menutup mata kaki)
7. Melakukan akad nikah
8. Memotong kuku
9. Mencukur atau mencabut rambut
10. Memakai pakaian yang dicelup yang mempunyai bau harum
11. Membunuh binatang buruan
12. Memakan daging binatang buruan
MACAM-MACAM HAJI
1. Haji ifrâd
Haji
ifrâd yaitu membedakan ibadah haji dengan umrah. Ibadah haji dan umrah
masing-masing dikerjakan tersendiri. Pelaksanaannya, ibadah haji
dilakukan terlebih dulu, setelah selesai baru melakukan umrah. Semuanya
dilakukan masih dalam bulan haji.
Cara pelaksanaannya adalah:
a. ihram dari mîqât dengan niat untuk haji
b. ihram dari mîqât dengan niat untuk umrah
2. Haji tamattu'
Haji tamattu' adalah melakukan umrah terlebih dulu pada bulan haji, setelah selesai baru melakukan haji.
Orang
yang melakukan haji tamattu' wajib membayar hadyu (denda), yaitu dengan
menyembelih seekor kambing. Jika tidak mampu dapat diganti dengan
berpuasa selama 10 hari, yaitu 3 hari selagi masih berada di tanah suci,
dan 7 hari setelah kembali di tanah air.
Cara pelaksanaannya adalah:
a. ihram dari mîqât dengan niat untuk umrah
b. melaksanakan haji setelah selesai melaksanakan semua amalan umrah
3. Haji qirân
Haji
qirân adalah melaksanakan ibadah haji dan umrah secara bersama-sama.
Dengan demikian segala amalan umrah sudah tercakup dalam amalan haji.
Cara pelaksanaannya adalah:
a. ihram dari mîqât dengan niat untuk haji dan umrah sekaligus
b. melakukan seluruh amalan haji
AMALAN-AMALAN HAJI DAN UMRAH
1. Mîqât
Mîqât adalah batas waktu dan tempat melakukan ibadah haji dan umrah. Mîqât terdiri atas mîqât zamânî dan mîqât makânî.
Mîqât zamânî adalah kapan ibadah haji sudah boleh dilaksanakan.
Berdasarkan
kesepakatan para ulama yang bersumber dari sunah Rasulullah SAW, mîqât
zamânî jatuh pada bulan Syawal, Zulkaidah, sampai dengan tanggal 10
Zulhijah.
Mîqât makânî adalah dari tempat mana ibadah haji sudah boleh dilaksanakan.
Tempat-tempat untuk mîqât makânî adalah:
* Zulhulaifah atau Bir-Ali (450 km dari Mekah) bagi orang yang datang dari arah Madinah
* Al-Juhfah atau Rabiq (204 km dari Mekah) bagi orang yang datang dari arah Suriah, Mesir, dan wilayah-wilayah Maghrib
* Yalamlan (sebuah gunung yang letaknya 94 km di selatan Mekah) bagi orang yang datang dari arah Yaman
* Qarnul Manazir (94 km di timur Mekah) bagi orang yang datang dari arah Nejd
* Zatu Irqin (94 km sebelah timur Mekah) bagi orang yang datang dari arah Irak
2. Ihram
Ihram ialah niat melaksanakan ibadah haji atau umrah dan memakai pakaian ihram.
Bagi
laki-laki, pakaian ihram adalah dua helai pakaian tak berjahit untuk
menutup badan bagian atas dan sehelai lagi untuk menutup badan bagian
bawah. Kepala tidak ditutup dan memakai alas kaki yang tidak menutup
mata kaki.
Bagi wanita, pakaian ihram adalah kain berjahit yang menutup seluruh tubuh kecuali wajah.
Sunah
ihram adalah memotong kuku, kumis, rambut ketiak, rambut kemaluan, dan
mandi. Kemudian melakukan shalat sunah ihram 2 rakaat (sebelum ihram),
membaca talbiah, shalawat, dan istighfar (sesudah ihram dimulai).
3. Tawaf
Tawaf
adalah mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali, dimulai dari arah yang
sejajar dengan Hajar Aswad dan Ka'bah selalu ada di sebelah kiri
(berputar berlawanan arah jarum jam).
Syarat tawaf adalah:
1. Suci dari hadas besar, hadas kecil, dan najis
2. Menutup aurat
3. Melakukan 7 kali putaran berturut-turut
4. Mulai dan mengakhiri tawaf di tempat yang sejajar dengan Hajar Aswad
5. Ka'bah selalu berada di sisi kiri
6. Bertawaf di luar Ka'bah
Sedangkan sunah tawaf adalah:
1. Menghadap Hajar Aswad ketika memulai tawaf
2. Berjalan kaki
3. al-idtibâ, yaitu meletakkan pertengahan kain ihram di bawah ketiak tangan kanan dan kedua ujungnya di atas bahu kiri
4. Menyentuh Hajar Aswad atau memberi isyarat ketika mulai tawaf
5.
Niat, niat untuk tawaf yang terkandung dalam ibadah haji hukumnya tidak
wajib karena niatnya sudah terkandung dalam niat ihram haji, tetapi
kalau tawaf itu bukan dalam ibadah haji, maka hukum niat tawaf menjadi
wajib, seperti dalam tawaf wada' dan tawaf nazar.
6. Mencapai rukun yamanî (pada putaran ke-7) dan mencium atau menyentuh Hajar Aswad
7. Memperbanyak doa dan zikir selama dalam tawaf
8. Tertib, dilaksanakan secara berurutan
Macam-macam tawaf adalah:
Tawaf ifâdah
Tawaf sebagai rukun haji yang apabila ditinggalkan maka hajinya menjadi tidak sah.
Tawaf ziyârah
Tawaf kunjungan, sering juga disebut tawaf qudûm, yaitu tawaf yang dilakukan setibanya di kota Mekah.
Tawaf sunah
Tawaf yang dapat dilakukan kapan saja.
Tawaf wada'
Tawaf perpisahan, yaitu tawaf yang dilakukan sebelum meninggalkan Mekah setelah selesai melakukan seluruh rangkaian ibadah haji.
4. Sa'i
Sa'i adalah berjalan dari Bukit Shafa ke Bukit Marwa sebanyak 7 kali.
Syarat sa'i adalah:
1. Seluruh perjalanan sa'i dilakukan secara lengkap, tidak boleh ada jarak yang tersisa
2. Dimulai dari Shafa dan berakhir di Marwa
3. Dilakukan sesudah tawaf
4. Dilakukan sebanyak 7 kali perjalanan
Sedangkan sunah dalam sa'i adalah:
1. Berdoa di antara Shafa dan Marwa
2. Dalam keadaan suci dan menutup aurat
3. Berlari kecil antara 2 tonggak hijau
4. Tidak berdesakan
5. Berjalan kaki
6. Dikerjakan secara berturut-turut
5. Wukuf di Arafah
Wukud
di Arafah adalah berdiam diri di padang Arafah sejak matahari
tergelincir pada tanggal 9 Zulhijah sampai terbit fajar pada tanggal 10
Zulhijah (hari nahar), baik dalam keadaan suci maupun tidak suci.
Haji
tanpa wukuf tidak sah dan harus diulang lagi pada tahun berikutnya. Hal
ini berdasarkan hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Dawud:
Haji itu 'arafah, siapa yang datang pada malam mabît di Muzdalifah sebelum fajar menyingsing, ia sudah mendapatkan haji.
Ketika
melakukan wukuf, disunahkan untuk tidak berpuasa, menghadap kiblat,
berzikir, membaca istighfar, dan berdoa. Menurut riwayat Imam Ahmad, doa
Nabi SAW ketika di hari arafah adalah:
Tiada
Tuhan kecuali Allah, yang Esa, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya seluruh
kerajaan, bagi-Nya pula segala pujian, di tangan-Nya segala kebaikan,
dan Ia Maha Kuasa atas segalanya.
6. Melontar Jumrah
Melontar
jumrah ialah melempar batu kerikil ke arah 3 buah tonggak, yaitu ûlâ,
wustâ, dan ukhrâ, masing-masing 7 kali lemparan. Hari melontar jumrah
dimulai pada tanggal 10 Zulhijah, ke arah jumrah 'aqabah atau jumrah
kubra, dan 2 atau 3 hari dari hari-hari tasyrik (11, 12, dan 13
Zulhijah) ke arah 3 jumrah yang telah disebutkan di atas.
Waktu
melontar jumrah disunahkan sesudah matahari terbit. Bagi orang yang
lemah atau berhalangan boleh melakukannya pada malam hari.
Adapun
melontar jumrah pada 3 hari yang lain, hendaknya dimulai pada waktu
matahari sudah mulai turun ke barat sampai saat matahari terbenam.
Ketika melontar jumrah disunahkan:
1. Berdiri dengan posisi Mekah ada di sebelah kiri dan Mina di sebelah kanan
2. Mengangkat tangan tinggi-tinggi bagi laki-laki
3. Membaca takbir ketika melempar batu yang pertama
Bagi
orang yang berhalangan menyelesaikan haji dengan tidak melakukan wukuf
di Arafah, tawaf, ataupun sa'i, apa pun penyebabnya, menurut pendapat
jumhur ulama orang tsb wajib menyembelih seekor kambing, sapi, atau unta
di tempat ia bertahalul.
Apabila
ibadahnya itu ibadah wajib, ia harus meng-qadha pada tahun berikutnya,
tetapi bila bukan ibadah wajib, ia tidak perlu meng-qadha.
Haji Akbar dan Haji Mabrur
Haji akbar (haji besar)
Istilah haji akbar disebut dalam firman Allah SWT pada surah At-Taubah: 3 yang artinya:
Dan
(inilah) suatu pemakluman dari Allah dan Rasul-Nya kepada manusia pada
hari haji akbar, bahwa sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya berlepas diri
dari orang-orang musyrikin...
Ada beberapa pendapat ulama tentang haji akbar, yaitu haji akbar adalah:
* haji pada hari wukuf di Arafah
* haji pada hari nahar
* haji yang wukufnya bertepatan dengan hari jum'at
* ibadah haji itu sendiri beserta wukufnya di Arafah
Namun
pendapat yang paling masyhur adalah pendapat yang menyatakan bahwa haji
akbar adalah haji yang wukufnya jatuh pada hari jum'at.
Ada haji besar, ada pula haji asgar (haji kecil) yang merupakan istilah lain untuk umrah.
Haji mabrur
Haji
mabrur adalah ibadah haji seseorang yang seluruh rangkaian ibadah
hajinya dapat dilaksanakan dengan benar, ikhlas, tidak dicampuri dosa,
menggunakan biaya yang halal, dan yang terpenting, setelah ibadah haji
menjadi orang yang lebih baik.
Balasan
bagi orang yang mendapat haji mabrur adalah surga. Hal ini didasarkan
pada sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang
artinya:
Umrah
ke satu ke umrah berikutnya adalah penebus dosa di antara keduanya, dan
haji mabrur ganjarannya tiada lain kecuali surga (HR Bukhari dan
Muslim)
DAM (DENDA)
Dam
dalam bentuk darah adalah menyembelih binatang sebagai karafat
(tebusan) terhadap beberapa pelanggaran yang dilakukan ketika melakukan
ibadah haji atau umrah. Jenis dam adalah:
1. Dam tartîb
2. Dam takhyîr dan taqdîr
3. Dam tartîb dan ta'dîl
4. Dam takhyîr dan ta'dîl
1. Dam tartîb
Dam
tartîb yaitu bila binatang yang disembelih adalah kambing, tetapi bila
tidak mendapat kambing, harus melaksanakan puasa 3 hari di tanah suci
dan 7 hari apabila telah pulang ke kampung halaman.
Orang diwajibkan membayar dam tartîb karena 9 hal, yaitu:
1. Mengerjakan haji tammatu'
2. Mengerjakan haji qirân
3. Tidak wukuf di Arafah
4. Tidak melontar jumrah yang ke-3
5. Tidak mabît di Muzdalifah pada malam nahar
6. Tidak mabît di Mina pada malam hari tasyrik
7. Tidak berihram dari mîqât
8. Tidak melakukan tawaf wada'
9. Tidak berjalan kaki bagi yang bernazar untuk mengerjakan haji dengan berjalan kaki
2. Dam takhyîr dan taqdîr
Dam
takhyîr dan taqdîr ialah boleh memilih menyembelih seekor kambing,
berpuasa, atau bersedekah memberi makan kepada 6 orang miskin sebanyak 3
sa' (1 sa' = 3,1 liter).
Dam jenis ini dikenakan untuk satu diantara sebab-sebab berikut:
1. Mencabut 3 helai rambut atau lebih secara berturut-turut
2. Memotong 3 kuku atau lebih
3. Berpakaian yang berjahit
4. Menutup kepala
5. Memakai wewangian
6. Melakukan perbuatan yang menjadi pengantar bagi perbuatan seksual
7. Melakukan hubungan seksual antara tahalul pertama dan tahalul kedua.
3. Dam tartîb dan ta'dîl
Dam
tartîb dan ta'dîl adalah pertama kali wajib menyembelih unta, apabila
tidak mampu boleh menyembelih sapi, apabila tidak mampu juga baru
menyembelih kambing 7 ekor.
Apabila
tidak mendapat 7 ekor kambing, si pelanggar harus membeli makanan
seharga itu dan disedekahkan kepada fakir miskin di tanah suci.
Dam jenis ini dikenakan karena pelanggaran melakukan hubungan seksual.
4. Dam takhyîr dan ta'dîl
Dam takhyîr dan ta'dîl adalah boleh memilih diantara 3 hal yaitu:
* Menyembelih binatang buruan yang diburu
* Membeli makanan seharga binatang buruan tsb dan disedekahkan
* Berpuasa satu hari untuk setiap 1 mud (5/6 liter)
Dam jenis ini dikenakan karena sebab-sebab:
1. Merusak, memburu, atau membunuh binatang buruan
2. Memotong pohon-pohon atau mencabut rerumputan di tanah haram.
Waktu dan tempat penyembelihan dam
Waktu
penyembelihan dam yang disebabkan pelanggaran yang tidak sampai
membatalkan atau kehilangan haji harus dilakukan pada waktu si pelanggar
melakukan ibadah haji. Tetapi bagi dam yang disebabkan pelanggaran yang
berakibat kehilangan haji, pelaksanaannya wajib ditunda sampai pada
waktu melakukan ihram ketika meng-qadha haji.
Sedangkan tempat penyembelihan dam dan penyaluran dagingnya adalah di tanah haram.
Bagi
orang yang melakukan haji, diutamakan menyembelihnya di Mina, sedangkan
bagi orang yang melakukan umrah, menyembelihnya di Marwa.
Mewakilkan Haji
Perwakilan
haji berlaku untuk seseorang yang mampu melakukan haji dari segi biaya,
tapi kesehatannya tidak memungkinkan, seperti sakit yang parah atau
karena usia tua.
Dalam
hal ini wajib orang lain untuk menghajikannya dengan biaya dari orang
yang bersangkutan, dengan syarat orang yang menggantikan tsb sudah
mengerjakan haji untuk dirinya sendiri.
Tetapi bila setelah dihajikan orang itu sembuh, menurut Imam Syafi'i, ia tetap wajib melakukan haji.
Perwakilan
haji juga dapat dilakukan atas orang yang sudah meninggal, asalkan
orang tsb berkewajiban haji, antara lain mempunyai nazar dan belum dapat
melaksanakannya. Hal ini didasarkan pada hadist yang meriwayatkan bahwa
seorang lelaki mendatangi Nabi SAW:
"Ayah
saya sudah meninggal dan ia mempunya kewajiban haji, apakah aku harus
menghajikannya?" Nabi SAW menjawab, "Bagaimana pendapatmu apabila ayahmu
meninggalkan hutang, apakah engkau wajib membayarnya?" Orang itu
menjawab, "Ya". Nabi SAW berkata, "Berhajilah engkau untuk ayahmu" (HR.
Ibnu Abbas r.a)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar